Sunday 8 March 2015

Review Tempat PKL: Bidang Informasi Gempabumi dan Tsunami, BMKG Pusat, Kemayoran

Halo, sahabat blogger.. Lama juga tidak membuat tulisan di sini karena berbagai urusan dan kesibukan yang membuat hasrat ingin menulis menjadi tertunda Haha :p

Terakhir kali sepertinya aku membuat tulisan tentang gimana perjalanan aku ketika mengurus pendaftaran PKL di BMKG, So.. sekarang sepertinya akan dilanjutkan dengan review kegiatan PKL tersebut.

Bagi, teman - teman mahasiswa yang lagi bingung mencari tempat PKL dan memiliki minat untuk PKL di BMKG semoga review di bawah ini bisa memberikan sedikit gambaran untuk kalian. Aku sendiri sekarang masih kuliah semester akhir (semoga memang yg terakhir, aamiin) di Prodi Fisika, UNJ. Peminatan yang aku ambil adalah Fisika Instrumentasi dan Komputasi. Alasan memilih BMKG sebagai tempat PKL sebenarnya karena dekat dari rumah :D dan di samping itu punya cita-cita untuk jadi PNS so, memilih kantor negeri untuk tempat PKL.

Berikut plus minus yang dirasakan (ini hanya pendapat pribadi yah) ketika PKL di BMKG:

(+) Birokrasi untuk PKL disini gak ribet. Gak perlu bikin proposal. Cukup surat keterangan akan melaksanakan PKL dari Kampus (tentunya sesuai alur kampus masing-masing untuk mendapatkan surat ini) kita tinggal dateng ke bagian Humas, tempatnya di BMKG Pusat Kemayoran. Waktu itu aku menemui Ibu Waskinah di Bagian Humas untuk menyerahkan surat ijin PKL, Sampai sana juga langsung ditanya mau PKL kapan dan beliau nge-cek apa di bulan tersebut ada yang PKL atau gak. Alhamdulillahnya waktu itu bulan yang kumau (Juli-Agustus) kosong jadi aku bisa masuk deh. Setelah itu ditanya mau PKL di bidang apa. Nah, disini aku sempat bingung. Karena dia ngasih list sub bidang yang banyaaaaaak bangeeeettt dan mataku siwer buat nyari seismoteknologi yang mana. Alhasil, karena grogi juga aku jadi salah mengira. Kupikir Informasi Gempa itu bagian dari seismoteknologi, jadilah aku ditempatkan disana. Dan aku baru sadar ketika dapat pemberitahuan bahwa aku diterima PKL disana. Yaaah tapi ini kesalahan pribadi aku yaa, dan jangan ditiru teman - teman.. :)

(+) Pengumuman penerimaan PKL tidak menggantung. Setelah kita ke tempat PKL dan membawa surat ijin PKL dan ditanya mau PKL di bagian apa dsb, biasanya kita akan menerima surat balasan dari institusi yang terkait. Surat tersebut dikirimkan ke fakultas, tembus ke jurusan, dan mahasiswa, Suratnya menyatakan bahwa mahasiswa yang disebutkan diterima untuk PKL dimana, bagian apa, dari kapan sampai kapan. Nah, ini penting yaa, secara kita butuh kepastian kita dapet tempat PKL atau gak. dan tentunya suratnya dibutuhkan oleh pihak fakultas dan jurusan sebagai arsip. Nah, BMKG termasuk yang memberikan balasan, kira-kira sekitar 4 bulan setelah aku kesana (hehe lama yah?) iya sih lama juga,, kalo 4 bulan itu artinya bulan juni dan H-1 bulan dari jadwal yang aku tentuin buat PKL. sebenarnya gembling juga, kalo aja aku gak keterima aku bisa terancam ga PKL semester itu karena di bulan-bulan itu pastinya banyak tempat PKL yang udah penuh. Tapi, mengapa aku bilang ini sisi posistif karena sebenarnya itu hanya formalitas, tapi kenyataanya kita sudah diterima. Kenapa aku bilang gitu? nah itu tadi..kita kan ktemu Humas so, manfaatkan peran Humas sebagai tempat bertanya. Kalo aku waktu itu tanya, di bulan yang kumau ada anak PKL gak? dan beliau bilang belum ada. Selanjutnya aku tanya, berarti aku bisa diterima, beliau bilang kemungkinan bisa. Dan dari bahasanya juga beliau lebih menekankan bahwa aku harus menunggu surat itu keluar karena pertama, harus urus tanda tangan ke pejabat-pejabat, kedua, PKL ku masih lama jadi kalau suratku penerimaan ku diurus sekarang-sekarang ini pihak bagian tempat aku bakal PKL akan bertanya-tanya. So, sebenarnya dengan kata lain aku bisa diterima hanya saja harus sabar menunggu proses :) Nah, ini penting teman-teman, ketika PKL kita harus tekankan mengenai surat penerimaan. Jangan mau dibuat menggantung dengan pihak institusi hhe apalagi kalau bagian Humas nya ramah, beranikan diri aja buat bertanya sembari curhat kalo kita butuh kepastian :)

(+) Pihak Humas mencatat namaku dan resppnsif dalam memberikan balasan. Nah ini sepele tapi penting. Kalo kalian ktemu dengan institusi yang proses keluar suratnya lama maka pastikan diri kita diingat oleh mereka. Dan ketika itu aku melihat sendiri bahwa namaku dicatat, jadi gak ada kekhawatiran kalo suratnya diurus entar-entar terus tempatku diserobot orang lain.

(+) Karyawan di Bagian ku sangat friendly dan tidak terlalu sibuk. Nah bagi aku ini positif, aku malah senang kalau pembimbing PKL ku dr BMKG atau teman-teman karyawan gak super sibuk artinya aku punya banyak kesempatan buat belajar dan bertanya, ngerecokin mereka hehe :D walaupun mereka punya projek masing-masing yang berkaitan dengan penelitian geofisika dan sebagainya tetapi so far selalu ada waktu untuk tutorial.

(+) Aku dapat uang makan :D. PKL ku dilakukan dua bulan. bulan juli dan agustus. Ketika Juli aku kena bulan puasa so, gatau kalo aku dapat jatah makan. Ketikaa bulan agustus aku baru tau kalo aku dapat jatah makan dan full selama aku PKL makan siang aku tinggal ikut isi list mau order apa, nanti list nya dikasih ke OB hehe.. nah ini salah satu keuntungan yang gak didapat teman-temanku yang lain. Sebenrnya yang dapat kebijakan boleh pesan makan siang itu bagian ku aja, Bidang informasi Gempa bumi dan tsunami karena kami disini kerja 24 jam, maklum deh kan kita harus selalu siap siaga mengirimkan peringatan dini gempa dan tsunami yang datang ga liat pagi atau malam pas org lg enak enak tidur.. sehingga sistem kerja disini shift tapi ahamdulillah kami diperbolehkan tidak ikut shift karena perempuan dan banyak karyawan laki-laki di ruangan ku


(-) Di bagianku tugas kerjanya sudah terintegrasi dengan komputer semua. Jadi, anak PKL disana hanya bertindak sebagai operator on duty sama seperti karyawan lain. Sebenarnya ga bisa dibilang negatif juga karena ini sangat subjektif. Kalo aku sih cukup puas..judulnya aku dapat pengalaman kerja beneraaan.. ga melulu berkutat dengan buku dan rumus. Tapi, beberapa idealismenya dosenku dan teman-temanku berpikir bahwa anak Fisika PKLnya ya ahrus berupa projek or membuat penelitian, sehingga menghasilkan jurnal. hehe nah kan subjektif banget. kalau aku sih selama tidak ada peraturan yang seperti itu dari buku pedoman PKL ya aku menikmati aja prosesnya toh kau juga belajar banyak disini.. tentang apa aja yang aku pelajari mungkin akan aku bahas nanti di bagianyang lain :)

over all, aku senang PKL disini dan recommend ke teman-teman yang minat di bidang Geofisika untuk PKL disini. terutama yang punya ketertarikan sama gempabumi dan tsunami.

Nah ini sedikit cuplikan kedekatan ku dengan pembimbingku di tempat PKL


Keliatan juga kan gimana ruangan tempatku kerja :) ntw ruangan ini eksklusif loh.. ga bisa dimasukin sembarang orang..

14 comments:

  1. Assalamu'alaikum, kak anita. Saya Ayu dari Unnes,sedang melakukan pkl di BMKG, tempat kakak dulu pkl. Boleh saya meminta id line kakak, untuk bertanya lebih intens mengenai PKL?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo Ayu.. oh ya? Berarti td kita ketemu dong hehe aku ga ada line.. kalo pin bb aja gmn?

      Delete
    2. Haloo Ayu.. oh ya? Berarti td kita ketemu dong hehe aku ga ada line.. kalo pin bb aja gmn?

      Delete
    3. hehe kemarin sih aku cuma liat kak anita dari kaca jendela dalam, kak anita lagi cipika cipiki gitu sama teh bea. :D oh ya udah gakpapa, kak hehe

      Delete
  2. kak, di BMKG cuma buat fisika komputasi sama instrumentasi saja ya? kalo semisal optik ga bisa ya??/

    ReplyDelete
  3. Assalamu'alaykum. kak aku mau nanya nih, karena aku juga punya niatan kuliah praktek di BMKG. masalahnya aku di luar pulau jawa, jadi susah untuk menemui humasnya langsung. apa bisa minta kontak yang bisa dihubungi di bagian humasnya gitu kak? trus, mau nanya-nanya beberapa hal juga soal bmkg kak. bisa minta kontaknya kak? line atau wa. makasih kak sebelumnya.

    ReplyDelete
  4. halooo boleh minta kontak yg bisa dihubungi kak? aku mau nanya2 hehe

    ReplyDelete
  5. kak kalau mau magang di bmkg suratnya kepadanya ditujukan kesiapa ya?

    ReplyDelete
  6. Kak tanya dong.. pas magang di bmkg dengan bidang peminatan komputasi gitu topik untuk magangnya apa ya kak?

    ReplyDelete
  7. Halo kak, mau tanya untuk sub bidang nya biasanya kita tau dr mana ya? trmksh

    ReplyDelete
  8. Halo kk. Maaf saya mau tanya ni .. Hhe.
    Kk kan udah pernah magang d BMKG, nah kn dari fisika kira sendiri itu ad 3 peminatan kk. Apakah disana hanya bisa ke Instrumentasi kk? Klo metrologi atau material kira2 bisa tidak kk y? Terima kasih.. Saya lagi cari lokasi buat PKL kk :)

    ReplyDelete
  9. Hallo kak, boleh minta kontak bagian humas bmkg? Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete