Monday 13 April 2015

Serba Serbi Skripsi

Halo, blogger. Beginilah nasib sbg mahasiswi.. lagi penat dengan skripsi dan rasanya pengen sharing tapi ujung - ujung nya yang dishare juga tentang skripsi. Pengennya sih ud berganti ini isi blog jd WedPrep atau review vendor wedding biar kaya Bride-to-be kekinian.. hehe

Bicara tentang skripsi.. pastinya setiap orang punya pengalaman masing - masing yaa tentang skripsinya. ada yg stress sampai sakit-sakit an, ada yang santai, ada juga yang sebenarnya banyak to-do-list nya tapi kelihatan santai (contohnya saya). Sebenarnya tidak bisa dibilang santai juga sih hanya karena ini skripsi sudah di-oprek dari semester 6 jadinya berasa lebih ringan, malah masih bisa mengemban amanah lain.

Ada beberapa hal nih untuk blogger yg statusnya junior saya hehe (angkatan 2012 ke bawah). Saya gak tau yaa, kemungkinan besar sih setiap univ berbeda-beda sistem alur administrasinya menuju skripsi, begitu pula ketengangan nya dan kesan "digodok"nya. But, I will tell more generally.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan membuat skripsi:
1. Tema
"Mau skripsi tentang apa?" Itu pasti pertanyaan pertama ya yang paling sering ditanyakan ke target hehe. So, we should to think what will we make to our paper? Tentunya berhubungan dengan konsentrasi ilmu yang kita minati. Kalo di univ saya kebetulan konsentrasi ilmunya tidak terpecah menjadi lebih spesifik, sehingga jika ingin mempelajari ilmu tersebut lebih spesifik, atau cabang ilmunya (misal: fisika dan ingin mempelajari fisika medis, fisika material dll) ya diambil sebagai mata kuliah peminatan, so 1 mahasiswa bebas ambil peminatan lebih dari satu selama masih bisa concern ke 1 bidang yang mau ditekuni.
Tips dari saya ketika kalian berada di posisi seperti ini :

  • bikin semacam Plan A, B dan C. Contoh untuk kasus saya: Plan A : saya ingin skripsi saya mengenai fisika komputasi yang didukung dengan instrumentasi/sensor. Plan B : pure instrumentasi. Plan C : pure komputasi. Setelah itu banyak-banyaklah googling tentang jurnal-jurnal yg sudah ada. Baca dan pahami, siapa tahu muncul ide untuk memodifikasi penelitian yang sudah ada. Nah, sistem Planning ini dimaksudkan agar pencarian kalian lebih terfokus antara 3 plan tsb, dan tinggal tunggu mana yg ide nya datang duluan.
  • jika meraasa gak mampu menciptakan topik sendiri, jangan malu-malu konsultasi sama dosen, karena biasanya dosen punya projek-projek untuk melibatkan mahasiswanya yg mau ambil skripsi.
  • Ajak teman-teman yang memiliki "interest" yg sama untuk bertukarpikiran.
2. Dana
ada cost tentunya yang perlu dialokasikan khusus untuk si skripsi ini. Ketika kita udah dapat ide pikirkan juga cost nya bagaimana, membutuhkan biaya besar gak untuk mewujudkan idemu, dan kamu mampu gak. Jika tidak, lebih baik cari alternatif. Jika ya lanjutkan. Bagi yang ikut projek dosen dipastikan juga tuh mengenai dana, biasanya sih didanai yaa krn dosen nya juga dapat hibah. tapi perlu dicatat segala pemasukan dan pengeluaran sekalipun kalian terlibat dalam projek yang didanai. Setidaknya melatih kalian untuk membuat pembukuan yang rapih sehingga dana yang kalian buat transparan.
Bagi teman - teman yang berdomisili di DKI Jakarta (warga DKI Jakarta) jangan kuatir karena Yayasan Beasiswa Jakarta membuka kesempatan bagi mahasiswa/i untuk didanai skripsinya. Lumayan kan buat nambah2 :) bisa cek alamat ini : http://www.beasiswajakarta.com/
websitenya gak selalu update sih tp kalo ada event dia sharing kok. 
Saya sendiri, alhamdulillah dapat kesempatan untuk didanai oleh YBJ, melalui seleksi tentunya :)
Selain cari-cari info beasiswa kalian juga bisa memanfaatkan ajang- ajang seperti PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional). Tidak perlu muluk-muluk sampai ke PIMNAS, cukup lolos seleksi didanai saja sudah lumayan nambah kas hahaha :D Alhamdulillah tahun lalu saya dan tim berkesempatan untuk memenangkan hibah sebesar Rp. 3.000.000,- kategori PKM-Gagasan Tertulis, sayangnya gak lolos sampai PIMNAS , hanya dikasih reward aja.


3. Dosen
Nah. kalo di kampus saya ada semacam pemerataan anak bimbingan jadi gak boleh hanya beberapa dosen saja yang anak bimbingannya sampe ngantri-ngantri sedangkan yang lain ada yang gak dapat. So, jika di kampus kalian juga gitu harus yah booking dosen favorit kalian duluan haha..

4. Konsultasi
Konsultasi nih penting dan menurut saya Dosen Pembimbing saja terkadang tidak cukup sebagai tempat sharing. Yah terkadang dosen pun kan waktunya terbatas, sibuk. banyak kerjaan. kita mau sahring masalah remeh temeh tapi ngeganjel jd ga enak. So, kalian hrs punya teman / senior sbg pembimbing gelap hahaha tempat kalian bertanya. tentunya org tsb juga yg mau bersedia kalian ganggu waktunya

5. Buat semacam timeline
Timeline: Mulai dari harus punya ide kapan, ketemu dosen buat booking kapan, konsultasi pertama, pembentukan proposal, s.d goal pertama yaitu presentasi pra skripsi (kalau di kampus saya disebut SPS atau Seminar Pra Skripsi). Setelah lolos proposal, buat timelina baru lg.. timeline yang menggambarkan target-target tiap langkah penelitian hrs selesai kapan, nyusun bab 4, 5, kapan, konsultasi, revisi, sampai akhinrya sidang. Diperhitungkan pula waktu untuk melengkapi persyaratan sidang, contoh harus Seminar Nasional sbeelum sidang, so masukan juga ke dalam timeline. Maka ada baiknya sebelum skripsi ditanyakan pula apa saja syarat daftar sidang. dibedakan pula dengan apa saja syarat kelulusan, hehe

dan hal yang paling penting dari semuanya ya harus "FOKUS" krn kalo ga fokus, revisi Bab 1 yang harusnya seminggu kelas bisa jd sebulan :D so, keep spirit and have a nice ScripPrep!!!






No comments:

Post a Comment